Keju dan Kacang Bisa Bikin Sakit Kepala

Rabu, 26 Desember 20120 komentar

Sakit kepala merupakan gejala berbagai jenis penyakit dan bisa menyerang setiap orang di beberapa titik yang berbeda. Kini para ilmuwan menemukan sebuah bukti baru yang menunjukkan makanan biasa seperti kacang-kacangan dan keju kemungkinan terkait dengan sakit kepala parah pada beberapa orang, demikian diungkapkan laporanthe Wall Street Journal seperti dikutip situs Live Science pada Rabu, 19 Desember 2012. 

Bagi penggemar kuliner, hati-hati dengan tyramine. Tyramine terjadi secara alami di dalam makanan yang merupakan pecahan asam amino dan diyakini memicu respon imun serta sakit kepala yang bercabang pada sebagian orang. 

Tyramine level tinggi sering ditemukan pada makanan yang sudah lama, acar, atau makanan yang disimpan dalam jangka waktu lama. Berbagai jenis keju, seperti cheddar danprovolone, acar dan salami, maupun daging asap lainnya adalah makanan yang mengandung tyramine level tinggi seperti juga kacang tanah, kacang Brasil, alpukat, pisang dan kacang pinto.

Namun, memprediksi kapan makanan tersebut kemungkinan menyebabkan sakit kepala tidaklah mudah. "Makanan yang menyebabkan sakit kepala pada suatu hari ketika seseorangkurang tidur, misalnya, kemungkinan tidak memberikan efek yang sama di hari lain," the Wall Street Journalmelaporkan.

Selain itu, jarak antara mengkonsumsi makanan yang memicu sakit kepala dan kejadian sakit kepalanya itu sendiri sekitar 48 jam sehingga menghindari makanan penyebab sakit kepala pun menjadi sulit. Terutama karena beberapa jenis makanan tersebut ada yang telah telanjur dikonsumsi.

Nitrat yang sering ditemukan dalam hot dogs juga kerap disalahkan sebagai penyebab sakit kepala. Di lain pihak, monosodium glutamat (MSG) seringkali disebut sebagai penyebab sakit kepala. Namun, menurut laporan terbaru, kemungkinan reputasi MSG tidaklah seburuk yang dikenal selama ini.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BUNDA ADIST - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger